Laman

Senin, 03 Mei 2010

tips jitu merawat wajah supaya tetap segar

Sebagai wanita, Anda tentunya ingin memiliki wajah yang fresh. Namun lantaran aktivitas, Anda sering mengalami kelelahan yang mengakibatkan kelesuan pada wajah. Tanda yang paling menonjol pada wajah yang mengalami kelelahan adalah munculnya kantung mata. Oleh sebab itu, Anda perlu menyiasatinya, baik dengan cara tradisional atau menutupinya dengan make-up. Ingin tahu trik tersebut?


Hidup di kota besar memang rentan dengan depresi atau stres. Gejala utamanya adalah mengalami sulit tidur. Jika Anda lelah dan mengantuk pun, belum tentu bisa tidur lantaran pekerjaan yang tidak dapat ditinggalkan. Akibatnya tanda kelelahan akan tampak pada wajah Anda. Wajah menjadi lesu dan tidak segar. Tak hanya itu, kadang di sekeliling mata terlihat lingkaran berwarna hitam.

Nah, padahal Anda tetap harus beraktivitas, ke kantor atau bertemu klien. Lantas bagaimana membuat wajah yang lelah agar tampak fresh? Philipe Kwok, salah satu make-up artis, memberikan beberapa tips jitu untuk mendapatkan wajah yang fresh di pagi hari.

Yang pertama perlu Anda kenali adalah ciri-ciri wajah yang mengalami kelelahan. “Sebagian wanita kurang peduli dan kurang memperhatikan ciri-ciri kelelahan pada wajah. Akibatnya mereka merias wajah seadanya dan kurang optimal,” katanya.

Sebelum merias wajah, Philipe menyebutkan beberapa tanda kelelahan pada wajah. Di antaranya munculnya kantung mata yang berwarna hitam. Kantung mata timbul akibat kurang tidur, kulit wajah tampak pucat, muncul gangguan berupa jerawat dan flek hitam, serta kulit terlihat berminyak.

Untuk mengatasi lingkar mata di sekitar mata, Philipe memberikan dua alternatif, yaitu dengan perawatan secara tradisional, dan menutupinya dengan make-up hanya terlihat sementara. “Jika ingin hasil yang optimal, kedua-duanya harus dijalankan bersama-sama,” ungkapnya.

Secara tradisional Anda dapat mengompres bagian kantung mata dengan mentimun atau strawberry. Kedua jenis buah ini dapat meredam pembesaran kantung mata dan menghilangkan warna hitam.

“Caranya mudah. Lakukan pengompresan saat hendak dan bangun tidur. Anda bisa meletakkan mentimun dan strawberry langsung seluruh bagian mata yang terpejam selama kurang lebih 15-20 menit. Atau bisa juga Anda jadikan cream sehingga dapat dioleskan sebelum tidur dan bersihkan saat bangun dari tidur,” jelasnya.

Cara lain, pengalaman Philipe ketika merias artis, dengan menggunakan potongan es yang di tempatkan di kain berisi es tersebut di kedua mata Anda.

“Di lokasi syuting saya biasa menggunakan kompres es jika tidak mendapatkan mentimun atau strawberry,” katanya. Namun, jika mata Anda memerah akibat kurang tidur, Philipe menganjurkan penggunaan obat tetes mata.

Sedangkan menutupi kantung mata make-up dilakukan Philipe melalui aplikasi concealer. “Gunakan concealer yang memiliki warna dasar kuning. Warna ini berfungsi untuk menetralisir lingkaran hitam di bawah lingkar mata,” ungkapnya. Caranya mudah, pertama gunakan foundation sebagai base. Kemudian aplikasi concealer dapat dilakukan dengan menyapukan dari dalam ke luar.

Kemudian lanjutnya dengan menutupi kulit yang pucat. “Anda dapat menggunakan moisturizer untuk membuat kulit Anda lebih cerah dan bersinar. Selanjutnya Anda dapat nmengaplikasikan blush on dengan warna dasar coklat muda yang memberikan efek kulit terlihat muda,” ungkapnya.

Munculnya jerawat dicegah dengan melakukan pembersihan wajah dengan foam pembersih dan antisebum untuk mengurangi minyak. “Jerawat berkaitan erat dengan kulit yang berminyak. Oleh sebab kotoran mudah menempel pada kulit yang berminyak. Oleh sebab itu kebersihan wajah mutlak dijaga, minimal sebelum tidur,” jelasnya.

Pada dasarnya, membuat wajah agar tetap segar dan cerah tidak memerlukan banyak item make-up. “Cukup dengan concealer, moisturizer, foundation, dan blus on wajah Anda sudah tampak lebih cerah,” terangnya. Keempat item make-up tersebut mutlak Anda gunakan atau Anda bawa ketika melakukan perjalanan jauh.

Secara umum baik wanita mau pun pria harus menjaga kulitnya dari berbagai gangguan. Tindakan yang patut dilakukan adalah berikut ini:

• Cuci tangan yang bersih sebelum menyentuh wajah Anda
• Lakukan cleansing kulit wajah pada pagi dan malam hari: Perlu dilakukan di malam hari – meski Anda tidak ber-makeup, karena wajah mudah dinodai oleh polusi. Perlu pula dilakukan pada pagi hari, karena kulit Anda mengeluarkan lemak dan kotoran pada malam hari
• Di malam hari, luangkan waktu untuk memijat kulit untuk menstimulasi sirkulasi pertukaran sel-sel pada kulit. Pijatan lembut selama dua menit bisa menghilangkan keletihan, menyantaikan wajah dan memberi kecerahan kulit.
• Lindungi kulit secara benar, apalagi bila Anda sering bepergian.
• Banyaklah minum air putih.

Untuk kulit kering:
• Berilah kesenangan setiap saat.
• Ubah jenis produk perawatan kulit sesuai musim, iklim, dan gaya hidup Anda: lingkungan ber-AC, kehidupan di alam terbuka
• Mulailah menggunakan produk perawatan anti-ageing, segera setelah pertanda penuaan muncul. Hal ini kerap terjadi lebih cepat untuk jenis kulit Anda (utamanya di area sekitar mata)
• Hindari mandi dengan air panas, ada baiknya memakai bath oil

Untuk kulit sensitif:
• Hangatkan dulu produk perawatan di genggaman tangan sebelum Anda memakainya. Lakukan perawatan kulit tanpa menggosok
• Sebaiknya gunakan jari jemari daripada katun wol, kain atau tisu.
• Gunakan penyemprot air, jangan membasuh melalui keran air.

Untuk kulit separuh baya:
• Pilihlah produk perawatan kulit anti-ageing tergantung pada kondisi kulit, kebutuhan dan musim.
• Leher, mata, dan tangan Anda bisa mengurangi keindahan penampilan, jadi imbali mereka dengan perhatian yang sangat spesial.
• Di setiap pagi yang menyulitkan, janganlah ragu buat menggunakan produk kecantikan yang sesuai, yang bisa melembutkan permukaan kulit.
• Sering terkena sinar matahari langsung, bisa menyebabkan keriput dan noda di kulit.

Untuk kulit berminyak
• Lindungi dirimu dari sinar matahari langsung, dan penimbunan lemak di kulit wajah
• Jangan mengeluarkan jerawat dan beruntusan di wajah secara swalayan
• Lakukan perawatan peeling pada wajah sekali hingga tiga kali seminggu

KULIT putih merata dan mulus merupakan impian kebanyakan perempuan Indonesia. Berbagai cara tersedia untuk itu. Salah satunya adalah whitening facial treatment. Perawatan dengan sari kacang kedelai ini bisa mencerahkan kulit dalam waktu yang singkat. Bagaimana aplikasinya?

Kecantikan seorang perempuan terpancar dari kulitnya yang bersih dan terawat. Kulit yang tidak memiliki masalah seperti flek hitam, jerawat, komedo dan berbagai masalah lainnya.

“Faktor utama untuk memperoleh kulit yang cantik adalah dengan melakukan perawatan yang optimal. Jika hal itu dilakukan, otomatis masalah tidak akan datang pada kulit tersebut,” kata herawati, Beautician di RoC Exclusive Center, Plaza Arcadia Senayan, Jakarta.

Salah satu “musuh” wanita adalah noda-noda cokelat, bintik-bintik atau flek di wajah. Beberapa penyebab timbulnya masalah cerah atau putih secara merata dan terbebas dari noda seperti flek hitam, bekas jerawat, dan lainnya adalah kulit impian. Punya kulit seperti itu bisa menambah rasa percaya diri.

“Sebenarnya kulit itu tidak bisa diputihkan, tetapi warnanya dibuat lebih cerah. Kulit kita kan terdiri dari sel-sel, di antaranya adalah melanosit yang mengandung melanin dan akan bereaksi melindungi kulit saat mengalami sengatan sinar matahari. Program whitening ini sebenarnya tujuannya adalah merangsang pembentukan melanin yang berwarna cerah lebih banyak hingga warna kulit tampak lebih bersih dan bebas noda,” terang Luyse Suparman, Asisten manajer PT Tanesia yang menjadi distributor produk perawatan kulit RoC ini.

Salah satu pilihan treatment yang bisa mebuat kulit tampak lebih cerah dan bercahaya dalam waktu singkat adalah whitening treatment facial dengan soya atau ekstrak kedelai sebagai bahan alami utama. Hasil dan perubahan nyata dapat langsung dirasakan setelah melakukan treatment ini. Treatment ini membantu orang mengenal dan memahami kulitnya lebih dalam lagi.

“Sebelum dilakukan treatment, kita selalu melakukan analisis pada kulit karena kita ingin costumer mengetahui treatment apa yang mereka butuhkan sesuai dengan kebutuhan kulit mereka,” kata Lusye.

Analisis beautician dikontrol dan dikonsultasikan kepada dokter kulit khusus yang telah disediakan oleh RoC Exclusive Center tanpa dikenakan biaya.

Treatment yang tepat bisa dilakukan berdasarkan hasil analisis tersebut. “Dari hasil analisis tersebut kita bisa mengetahui berapa kadar pigmen, sebum dan moisturizer-nya. Hingga kita bisa memastikan jenis treatment dan produk yang tepat bagi costumer,” kata Herawati.

Soya whitening facial treatment merupakan suatu jenis perawatan kulit wajah. Bahan yang digunakan dalam treatment ini adalah ekstrak soya atau protein sari kedelai. Dengan krim yang merupakan perpaduan total soy (zat aktif biji kedelai), sepitonic M3 (cooper gluconate, zinc gluconate dan magnesium aspartate), light reflector, lactosa dan glycerin, perawatan ini mencerahkan warna kulit menjadi cerah dan merata. Treatment ini juga berfungsi melembabkan dan memberi hidrasi pada kulit, sehingga kulit lebih lembut, halus dan segar.

Ekstrak soya memiliki keunggulan dengan bahan alami lainnya yang juga banyak digunakan sebagai bahan dasar di berbagai kosmetik dan treatment seperti bengkuang dan lemon. Alasannya, ekstrak ini bisa digunakan atau diterapkan pada semua jenis kulit dan memberikan hasil yang maksimal, baik untuk jenis kulit yang kering, normal maupun berminyak.

Ada beberapa tahap dalam soya whitening facial treatment. Yang pertama dan paling penting adalah pembersihan untuk mengangkat kotoran dan sisa-sisa make-up dengan brush. Alat ini akan menggosok kulit secara lembut dan menyeluruh. Selanjutnya adalah srcubbing yang merupakan pembersihan secara berkala dan mendalam sehingga seluruh kotoran dan komedo terangkat dengan sempurna. Setelah itu penguapan atau steam. Inilah tahap di mana kulit diuapkan sehingga pori-pori terbuka, siap menerima, dan menyerap serum yang akan diberikan hingga kelapisan dermis kulit. Ketika pori-pori kulit terbuka, dilakukan vacuum untuk mengangkat sisa komedo yang tidak mampu diangkat dan masih tertinggal pada saat scrubbing.

Treatment dilanjutkan dengan pijatan atau massage khusus yang berfungsi melancarkan peredaran darah di wajah. Proses whitening dalam treatment ini ada pada tahap memasukkan serum dan krim dari rangkaian soya unity range ke dalam kulit dengan bantuan alat ultrasound. Alat ini merupakan penghantar yang efektif sehingga serum dan krim mampu berpenetrasi dengan lebih cepat dan merata hingga ke lapisan dermis. Tahap terakhir adalah masker. Inilah tahap pemberian krim atau zat yang diperlukan untuk menyegarkan, menenangkan, serta menguatkan lapisan kulit. Setelah treatment ini, beautician langsung menganalisis kulit. Dengan demikian, hasil atau perubahan bisa langsung diketahui.

Banyak cara bisa ditempuh untuk tampil lebih muda. Ingin cara mudahnya? Ikuti langkah-langkah berikut ini. Sungguh praktis. Selamat tinggal operasi plastik!

1. UBAH GAYA RAMBUT
Coba potongan dengan teknik layers untuk memberi kesan energik. Tekstur ikal besar untuk rambut panjang juga patut dicoba. Untuk rambut pendek, biarkan rambut sedikit panjang di dekat telinga untuk menutupi rahang atau dagu yang mulai mengendur. Gunakan conditioner setiap kali usai keramas agar rambut bercahaya. Jika menggunakan cat rambut, pilih warna yang bagus dan sesuai dengan wajah.

2. TANGAN
Jangan sepelekan kondisi kulit tangan, karena kondisi tangan tak dapat menyembunyikan usia Anda. Selalulah menggunakan pelembap yang mengandung vitamin A setiap kali tanagn terasa kering. Dua minggu sekali gunakan peeling untuk mengangkat sel kulit mati.

3. BIBIR
Buat garis bibir dengan lipliner warna natural mengikuti bentuk bibir. Bubuhkan lipstik yang mengandung pelembap. Hindari lipstik jenis matte yang akan membuat bibir tambah kering. Jika tetap ingin memakai lipstik matte, bubuhkan dulu lip gloss agar bibir terlihat segar.

4. KUKU
Perawatan kuku dan pemilihan cat kuku menentukan penampilan. Pilih warna-warna hangat dan segar, seperti pink, carnation, atau ungu muda. Hindari warna pucat seperti krem, mutiara, atau kebiruan.

5. MINUM AIR PUTIH
Minum 6-8 gelas air putih setiap hari agar tubuh terhindar dari dehidrasi. Air juga bisa meningkatkan elastisitas kulit yang membuat kulit wajah bebas kerut lebih lama. Hindari minuman ringan, apalagi alkohol!

+ 10 tahun – 10 tahun
Memakai dandanan berat, lipstik warna gelap, lip liner kontras Sapuan tipis, bedak jenis powder yang berefek memantulkan cahaya

Sapuan blush on yang terlalu dekat dengan bagian tengah wajah Kenakan sedikit concealer pada daerah ujung mata dan dekat batang hidung

Mengenakan alas bedak tebal warna merah muda sehingga menutupi pori-pori wajah Alas bedak bernuansa kuning agar kulit tampak lebih terang dan berseri

Caked-on-concealer yang berlipat di bawah kantung mata
Pakai produk yang mengandung kadar pelembap tinggi agar kulit terlihat lembap
Bedak jenis matte atau water proof yang terlalu tebal
Pemilas bibir warna muda, cerah, dan glossy

Manfaatkan akhir pekan Anda dengan memanjakan wajah. Buatlah bahan masker dari bahan-bahan di sekitar Anda. Mudah dibuat, dan sudah tentu murah.

MURAH MERIAH

Masker Madu. Untuk hasil yang baik, bersihkan wajah dengan waslap yang telah dibasahi air hangat untuk membuka pori-pori. Oleskan madu ke seluruh permukaan wajah. Untuk kulit sensitif dan bermasalah, campurkan madu dengan oatmeal. Oleskan pada wajah dan biarkan sekitar 15-30 menit. Basuh dengan air hangat, lalu air dingin untuk menutup pori-pori.

Exfoliating Mask. Masker ini mampu membantu proses pengelupasan dan pengangkatan sel kulit mati di sekitar wajah. Campurkan 3 sendok makan olive oil dengan 1 sendok makan garam kosher atau garam laut biasa yang mudah ditemui. Oleskan pada kulit wajah yang kering dan hindari lingkar mata. Masker ini pun sangat berguna untuk menghaluskan daerah kulit yang kasar, seperti tumit, dengkul, dan siku tangan.

Masker Putih Telur. Pisahkan putih telur dengan merah telurnya. Cukup oleskan putih telur ke seluruh wajah hingga mengering. Bersihkan dengan air. Selain bersih, wajah akan terasa kencang setelah dimasker putih telur. Cocok untuk kulit wajah normal dan cenderung berminyak. Sisa merah telur yang tak terpakai, dapat Anda masak dengan campuran bahan masakan lain.

Masker Merah Telur. Pisahkah merah telur dari putih telurnya. Oleskan merah telur ke seluruh wajah dan leher, biarkan selama 30 menit. Bersihkan dengan air dingin. Merah telur yang menganudng banyak vitamin A ini mampu membantu menghilangkan noda bekar jerawat. Sangat cocok untuk kulit wajah berminyak.

SERBA BUAH

Masker Wortel (untuk kulit normal dan cenderung berminyak)
Wortel mengandung vitamin A yang sangat tinggi serta sumber vitamin C dan potasium. Dan madu mengandung fruktosa, glukosa, asam amino, vitamin, dan mineral.

* 2-3 buah wortel yang berukuran cukup besar
* 4 ½ sendok makan madu

Rebus wortel lalu hancurkan hingga lembut. Campurkan dengan madu. Oleskan pada wajah dan biarkan hingga 10 menit. Bersihkan dengan air dingin.

Masker Apel (untuk kulit berminyak dan berjerawat)

* 1 buah apel berukuran sedang (diparut)
* 5 sendok makan madu

Campurkan parutan apel dengan madu sebagai masker. Oleskan ke seluruh wajah dan biarkan selama 10 menit. Cucui wajah hingga bersih dengan air dingin.

Masker Stroberi (untuk kulit berminyak)
Stroberi mengandung vitamin C lebih banyak dari pada jeruk. Buah-buahan yang menganudng banyak vitamin C dapat mencegah penyakit kanker.

* 8-9 buah stroberi
* 3 sendok makan madu

Hancurkan stroberi dengan menggunakan garpu, lalu campurkan dengan madu. Jangan gunakan blender untuk menghancurkan stroberi. Saringlah cairan yang dihasilkan dari ctroberi dan madu. Oleskan ke seluruh wajah hingga 10 menit. Cuci bersihwajah dengan air dingin.

Masker Pisang (untuk kulit kering)
Pisang merupakan sumber vitamin C, vitamin B6, dan potasium. Pisang juga mengadung moisturizer yang dapat melembabkan wajah.

* 2 buah pisang berukuran sedang madu, jika perlu
* 1 sendok makan oatmeal
* susu murni (untuk menghaluskan wajah)

Hancurkan pisang dengan garpu. Jangan terlalu halus, sebab akan menghasilkan terlalu banyak air. Campurkan pisang dengan oatmeal. Tambahkan madu dan susu jika mau. Oleskan ke seluruh wajah dan biarkan selama 10 menit. Cuc bersih wajah dengan air dingin.

Masker Buah Peach atau Plum (untuk kulit normal)
Buah peach atau plum mampu mengangkat sel kulit mati dan meregenerasi sel
yang baru. Kandungan AHA (alpha-hidroxy acid) di dalamnya dapat membantu
melenyapkan kerut-kerut halus, noda hitam akibat sinar matahari, noda akibat
proses penuaan pada wajah, noda bekar jerawat, dan memperkecil pori-pori.

* 1 buah peach atau plum berukuran sedang
* 1 sendok makan madu
* sedikit oatmeal

Rebus buah peach hingga lembek. Hancurkan dengan menggunakan garpu dan campurkan dengan madu dan oatmeal hingga mengental. Oleskan ke seluruh wajah selama 10 menit. Cuci bersih wajah dengan air dingin.

RESEP LAINNYA

Masker Yogurt (untuk segala jenis kulit)

* 1 sendok makan yogurt tanpa rasa (murni)
* 1 sendok teh madu yang dihangatkan sebelumnya (gunakan microwave)
* jika jenis kulit sangat kering, tambahkan 2 sendok teh madu
* jika jenis kulit berminyak, tambahkan beberapa tetes cairan lemon
* jika jenis kulit sensitif dan mudah bermaslaah, tambahkan sedikit oatmeal

Camprkan semua bahan hingga merata dan oleskan ke seluruh wajah. Biarkan selama 15 menit, lalu bersihkan wajah dengan waspal yang dibasahi air hangat.

Masker Jus (untuk kulit berminyak)
Stroberi dan jus lemon mengandung zat astringent alami, yang mampu mendinginkan wajah yang sering terpapar matahari.

* 1 sendok teh jus lemon (cairan lemon)
* 2 putih telur
* 3 sendok teh madu
* 1 gelas stroberi
* Jika mau, tambahkan 4 tetes minyak esensial sesuai selera

Blender semua bahan di atas hingga halus. Oleskan ke seluruh wajah hingga merata, diamkan hingga 10 menit. Bersihkan wajah dengan air.

Masker Mawar (untuk kulit kombinasi)
Msker dengan bahan dasar mawar sangat baik untuk menyeimbangkan kadar minyak dan area yang kering di setiap area kulit wajah.

* 6 buah bungan mawar
* 6 sendok makan air mawar
* 1 sendok makan yogurt murni (tanpa rasa)
* 1 sendok makan madu yang telah dihangatkan (gunakan microwave beberapa menit saja)

Petik kelopak bunga dan haluskan pada sebuah wadah. Tambahkan air mawar, madu, dan yogurt murni. Campurkan hingga merata dan oleskan ke seluruh wajah selama 10 menit. Cusi bersih wajah dengan air.

Masker Alpukat (untuk kulit kering)
Campuran alpukat dan madu dapat melembabkan kulit wajah yang kering.

* ½ buah alpukat
* ¼ gelas madu

Hancurkan alpukat dan campurkan dengan madu secara merata. Oleskan ke seluruh wajah dan leher. Diamkan selama 10 menit. Bersihkan wajah dengan waslap yang sudah dibasahi air dingin.

Masker Susu (untuk kulit kering)
Masker susu merupakan resep yang sudah sangat dikenal lama. Susu mengandung moisturizer yangd apat melembabkan kulit wajah.

* 1 sendok teh susu bubuk
* 1 sendok makan madu yang sudah dihangatkan (gunakan mocrowave beberap amenit)
* 1 sendok teh gel dari daging lidah buaya
* 2 tetes essential iol (minyak esensial)

Campurkan semua bahan hingga merata. Oleksan ke seluruh wajah dan biarkan selama 15 menit. Cuci bersih wajah dengan air hangat.

Masker Anti-Aging (untuk mencegah penuaan dini pada wajah)
Bahan yang digunakan untuk mencegah penuaan dini pada kulit wajah adalah gula. Gula dapat membantu proses pengelupasan dan pengangkatan sel kulit mati. Gula juga dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat kotoran.

* 2 sendok makan gula pasir
* 3 sendok makan air hangat

Aduk gula pasir yang sudah dicampur air hangat hingga meleleh. Pastikan butiran-butiran gula menghalus dan tercampur dengan air. Oleskan ke seluruh wajah. Pijak halus wajah dengan jari tangan dengan gerakan memutar. Bersihkan wajah dengan waslap yang telah dibasahi air hangat.

2 komentar:

  1. Assalamualaikum,

    Kalau untuk wajah pria, perawatan nya disamakan atau dibedakan dengan perawatan wajah untuk wanita bu?

    terima kasih

    Wassalammualaikum warahmatulohi wabarokatuh

    Andy

    BalasHapus
  2. sepertinya sama deh....mang kenapa mau dirawat juga wajahnya biar + ok y.....

    BalasHapus